Perkembangan ilmu pengetahuan
khususnya ilmu pengetahuan alam (IPA) telah mengubah sejarah kehidupan manusia.
Perkembangan itu semakin pesat setelah diketemukannya komputer yang dapat
membantu manusia dalam merancang dan menganalisis hasil-hasil penelitian. Di
dunia kedokteran telah ditemukan berbagai teknik bedah, transplantasi organ,
terapi genetik, bayi tabung, serta obat-obatan penyembuh berbagai penyakit. Itu
semua berkat perkembangan IPA. Ilmu pengetahuan alam adalah ilmu yang
mempelajari gejala-gejala alam dan ingin memahami alam apa adanya.
1. Karkteristik Biologi sebagai ilmu (Sains)
Ilmu pengetahuan berkembang karena hakikat manusia yang serba ingin tahu. Mengembangkan ilmu pengetahuan tidak harus berawal dari nol, melainkan bisa dari hasil penelitian orang lain asal sesuai dengan karakteristik sains itu sendiri. Biologi bagian dari sains yang memiliki karakteristik yang sama dengan ilmu sains lainnya. Adapun karakteristik ilmu pengetahuan alam termasuk biologi (SAINS/IPA) yaitu:
Obyek kajian berupa benda
konkret dan dapat ditangkap indera.
Dikembangkan berdasarkan
pengalaman empiris (pengalaman nyata)
Memiliki langkah-langkah
sistematis yang bersifat baku
Menggunakan cara berfikir
logis, yang bersifat deduktif artinya berfikir dengan menarik kesimpulan dari
hal-hal yang khusus menjadi ketentuan yang berlaku umum.
Bersifat deduktif artinya
berfikir dengan menarik kesimpulan dari hal-hal yang umum menjadi ketentuan
khusus.
Hasilnya bersifat obyektif
atau apa adanya, terhindar dari kepentingan pelaku (subyektif)
Hasil berupa hukum-hukum yang
berlaku umum, dimanapun diberlakukan
2. Ruang lingkup biologi
Berdasarkan struktur keilmuan menurut BSCS (Biological Science Curricullum Study, Mayer 1980) bahwa ruang lingkup biologi meliputi obyek biologi berupa kingdom (plantae, animalia, protista, fungi, archebacteria, eubacteria). Ditinjau dari tingkat molekul (virus) - sel (protozoa, bakteri dan tumbuhan unisel) - jaringan (porifera & coelenterata) - organ (hati, ginjal, dll) - sistem organ (sistem sirkulasi, sistem transportasi, dll) - individu (manusia) – populasi (kumpulan individu yang sama di daerah yang sama) – komunitas (kumpulan beberapa populasi) – ekosistem (kumpulan beberapa komunitas) – biosfer (kumpulan bebrapa ekosistem). Adapun persoalan yang dikaji meliputi 9 tema dasar yaitu :
1. Biologi (sains) sebagai proses inkuiri
2. Sejarah konsep biologi
3. Evolusi
4. Keanekaragaman dan
keseragaman
5. Genetika dan kelangsungan
hidup
6. Organisme dan lingkungan
7. Perilaku
8. Struktur dan fungsi
9. Regulasi
Sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, obyek biologi juga terus berkembang.
3. Dampak mempelajari biologi
Peran biologi dalam kehidupan
memberikan dampak negatif dan dampak positif. Dampak positif atau manfaatnya
yaitu (1) Manusia sadar terhadap hidup dan kehidupan dalam lingkungan, (2)
Diciptakan bibit unggul yang ramah lingkungan, (3) pemanfaatan mikroorganisme
dalam segala bidang. Sedangkan dampak negatif yang ditimbulkan yaitu (1)
Mengeksploitasi SDA dengan sembarangan, (2) Penggunaan bibit unggul dan
pestisida berlebihan yang akan berdampak pada biodeversitas, (3) Penggunaan
senjata biologi yang mematikan, yang akan merusak lingkungan biotik maupun
abiotik. Oleh karena itu kemajuan biologi yang demikian pesatnya harus
diimbangi dengan iman dan takwa, sehingga pemanfaatan lebih optimal dan
meminimalkan dampak negatif yang ada.
4. Metode ilmiah
Biologi merupakan cabang sains
yang mempelajari berbagai permasalahan makhluk hidup, dan untuk mempelajari
melalui proses dan sikap ilmiah ini sebagai konsekuensi biologi. Dengan
menggunakan proses dan sikap ilmiah akan memperoleh produk ilmiah. Dalam
mempelajari sains terdiri dari 3 komponen yaitu :
Sikap ilmiah
Merupakan sikap yang harus
dimiliki untuk berlaku obbyektif dan jujur saat mengumpulkan dan menganalisa
data.
Proses ilmiah
Merupakan perangkat
ketrampilan kompleks yang digunakan dalam melakukan kerja ilmiah.
Proses ilmiah dapat dilakukan
dengan pendekatan ketrampilan proses dapat diklasifikasikan menjadi dua yaitu:
1) Ketrampilan proses sains dasar, meliputi:
a) Mengobservasi
b) Menggolongkan
c) Menafsirkan
d) Mempraktikkan/meramalkan
e) Mengajukan pertanyaan
2) Ketrampilan proses sains terpadu,
yang terdiri dari:
a) Mengidentifikasi variabel
b) Menyusun tabel data
c) Menyusun grafik
d) Mendeskripsikan hubungan antar
variabel
e) Perolehan data dan pemrosesan
data
f) Menganalisia penyelidikan
g) Merumuskan hipotesis
h) Mendefinisikan variabel secara
operasional
i)
Melakukan
eksperimen
j)
Inferens
3) Langkah sistematis dalam proses ilmiah/metode ilmiah meliputi:
a) Merumuskan masalah
b) Melakukan eksperimen
Untuk mendukung atau
menyangkal hipotesa itu perlu dibuktikan melalui eksperimen. Dalam melakukan
eksperimen melalui tahapan-tahapan sebagai berikut:
a. Taraf perlakuan
b. Pengendalian faktor lain
c. Ulangan
d. Pengukuran
a. Taraf perlakuan
b. Pengendalian faktor lain
c. Ulangan
d. Pengukuran
c) Analisis data
Analisa data dapat menggunakan statistik atau secara deskriptif.
Analisa data dapat menggunakan statistik atau secara deskriptif.
d) Menarik kesimpulan
Ada dua kemungkinan dalam kesimpulan yaitu hipotesis diterima (dugaan sementara sesuai dengan eksperimen) atau ditolak (dugaan sementara tidak sesuai dengan eksperimen).
Ada dua kemungkinan dalam kesimpulan yaitu hipotesis diterima (dugaan sementara sesuai dengan eksperimen) atau ditolak (dugaan sementara tidak sesuai dengan eksperimen).
e) Publikasi
Hasil penelitian di publikasikan ke kalayak melalui jurnal penelitian, seminar atau lewat internet.
Hasil penelitian di publikasikan ke kalayak melalui jurnal penelitian, seminar atau lewat internet.
4) Sistematika laporan penelitian
BAB I. PENDAHULUAN
A. Latar belakang masalah
B. Rumusan masalah
C. Tujuan penelitian
D. Manfaat penelitian
BAB I. PENDAHULUAN
A. Latar belakang masalah
B. Rumusan masalah
C. Tujuan penelitian
D. Manfaat penelitian
BAB II. TINJAUAN PUSTAKA
A. Kajian teori
B. Kajian dan hasil-hasil penelitian
C. Rumusan hipotesis
BAB III. METODE PENELITIAN
A. Variabel dan definisi operasional variabel
B. Rancangan penelitian
C. Sasaran penelitian (populasi dan sampel)
D. Instrumen, alat dan bahan
E. Prosedur pelaksanaan penelitian
F. Rencana analisis data
G. Jadwal penelitian
BAB IV. DATA DAN PEMBAHASAN
A. Deskripsi data
B. Interpretasi data
C. Uji hipotesis
D. Pembahasan
BAB V. KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan
B. Saran
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
Produk ilmiah
Dengan menggunakan sikap dan proses ilmiah, para ahli memperoleh penemuan-penemuan yang dapat berupa fakta atau teori. Produk ilmiah sangat berpengaruh pada perkembangan ilmu dan teknologi. Produk ilmiah ditujukan untuk kesejahteraan manusia dengan menciptakan sesuatu yang baru dan berdaya guna bagi pemenuhan kebutuhan hidup manusia
0 komentar:
Posting Komentar